Saturday, October 15, 2016

Rapat Persiapan Pelaksanaan "Lentera Mimpi One Month Socio Project"



Suasana Rapat Besar Tim Lentera Mimpi

Pada rapat yang diadakan hari Minggu, 1 Oktober 2016 kami berdiskusi mengenai nama proyek yang ditentukan berdasarkan voting kemudian susunan acara pada hari-H tanggal 16 Oktober 2016. Kami memastikan bahwa semua anggota bisa hadir pada saat acara berlangsung sampai selesai, tidak ada kendala dalam proses mengajar, memeriksa kembali alat-alat apa saja yang diperlukan untuk masing-masing pengajar serta perkiraan biaya untuk membeli alat-alat yang diperlukan. Disini kami juga belajar untuk saling komunikasi, koordinasi, mendengarkan dan menyuarakan opini demi kelancaran kegiatan belajar.

Sebelum masing-masing pengajar menyuarakan yang mungkin menjadi hambatan dalam acara, tak lupa progress utama yang dilaporkan oleh Ketua dan Wakil Ketua mengenai lokasi dan waktu acara yang sudah dikonfirmasi oleh Ketua RW Panti Asuhan Anak Tunas Harapan dan Pengurus Panti perihal tempat yang dibutuhkan untuk mengajar anak-anak. Salut kepada Ketua dan Wakil Ketua yang terjun langsung mencari panti-panti Asuhan di Bandung! (daftar alamat dan nomor telepon panti didapat dari infobdg.com).

Persiapan mencari panti pun sudah dibekali dengan mini proposal tentang kegiatan yang akan kami lakukan sehingga ketika di Panti, dapat membicarakan rencana kami dengan lengkap dan detail. Hal-hal yang ditanyakan adalah berapa jumlah anak-anak di panti, range usia, apa saja kegiatan mereka sehari-hari dan apakah kami dapat membuat acara yang sifatnya belajar sambil bermain di hari Minggu. Kendala dari beberapa panti adalah biasanya pada hari Sabtu atau Minggu mereka sudah memiliki kegiatan yang sudah direncanakan sejak jauh hari, jadi tentu kami tidak bisa memaksa dan tidak pantang menyerah untuk mencari lokasi panti asuhan selanjutnya. Itung-itung sambil keliling jadi penjelajah kota Bandung kan? ;)

Nah, singkatnya aja ya biar tidak terlalu bertele-tele. Akhirnya Alhamdulillah pilihan kami jatuh pada Panti Asuhan Anak Tunas Harapan. Tadinya, meski sudah disetujui oleh Ketua RW dan Pengurus Panti itu kami pikir sudah pasti loh, ternyata masih ada satu tahapan terakhir yaitu mendapatkan persetujuan dari pengurus yang paling dekat dengan anak-anak di Gang Bastaman dan Panti Asuhan bernama Ibu Tika. Di wilayah tersebut, beliau semacam "suhu" dari anak-anak panti karena hampir setiap hari anak-anak mengunjungi rumah Ibu Tika yang didalamnya terdapat Taman Bacaan Anak (p.s: duh itu impian penulis juga bisa punya tempat khusus baca buku) Ok back to the story! So finally, yes! Sekitaran 2 minggu yang lalu kami datang lagi ke Panti Asuhan Tunas Harapan untuk meminta izin kepada Ibu Tika. Pada saat itu Ibu Tika berhalangan dan diwakilkan oleh adik perempuan beliau yang senang sekali dengan rencana kegiatan mengajar kami dan juga antusias menyampaikan ke Ibu Tika. Setelah itu kami janjian lagi deh untuk perkenalan terlebih dahulu terhadap anak-anak sekaligus mendaftar kegiatan seni yang anak-anak pilih. Tak lupa juga kami sudah mempersiapkan video pengenalan dari masing-masing kegiatan.

Sekian laporan rapat besar Lentera Mimpi. Sekali lagi, kegiatan ini sifatnya sukarela dari pribadi masing-masing loh. Kami bisa, kalian juga pasti bisa ;) Jadi postingan ini sekaligus memberikan gambaran juga ke kalian apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk memulai kegiatan sosial. Have a nice day!

No comments:

Post a Comment